Inovasi Tetahirain di SMPN 2 Dukuhseti

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Blog

Para pembaca blog yang budiman. Halaman sekolah terasa gersang dan udara terasa  panas dikarenakan kurangmya tanaman penghijauan. Udara panas di teras dan ruang kelas, pandangan kurang indah, lingkungan kurang rapi, lingkungan kurang bersih, lingkungan pembelajaran tidak nyaman. Tanaman bergerombol di beberapa titik. 

Lingkungan yang tampak gersang dengan udara terasa panas disebabkan ketidak rapian, tidak bersih sehingga bila dipandang mata tidak indah. Lingkungan pembelajaran yang demikian tentu tidak diharapkan oleh warga sekolah. Lingkungan Pembelajaran perlu dibenahi dan diupayakan agar lingkungan menjadi hijau, udara terasa sejuk, dijaga kerapian dan keindahannya sehingga nyaman untuk digunakan sebagai proses pembelajaran. Dengan penataan tanaman dan pembenahan pagar taman termasuk penyebab adalah hal yang sangat mutlak diperlukan. Renovasi pagar pembatas taman dan pengecatan harus diprogramkan dan dianggarkan serta dilaksanakan.

Terdapat banyak ruang kosong beberapa ruas taman di depan kelas, depan ruang guru, depan ruang TU. Sementara ada beberapa tanaman palem, tanaman puring, tanamam bunga yang lain yang bergerombol di beberapa titik. Ya perlu inovasi disini yaitu dengan Tengkar Tamanan.untuk penghematan anggaran atau pendanaan. Sesudah Inovasi 'TETAHIRAIN'   lingkungan halaman sekolah tampak bersih, hijau, rapi, rindang, indah, dan nyaman. Lingkungan pembelajaran yang demikian, membuat warga sekolah berada di lingkungan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang cukup oksigen, sehingga mereka merasa nyaman.

Manfaat dari inovasi adalah :Membuat lingkungan hijau, rapi, dan  indah, Menghemat anggaran atau biaya, Membuat salah satu daya tarik lulusan SD/MI untuk meneruskan sekolah di SMP Negeri 2 Dukuhseti

 Adapun dampak dari Inovasi tersebut adalah sebagai berikut: Lingkungan hijau,rapi,bersih,indah,rindang.& nyaman, Menghirup udara  segar dan sejuk, Warga sekolah betah tinggal di sekolah. Warga sekolah menikmati pemandangan yang rapi, bersih, dan indah.Guru,dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dalam suwasana yang nyaman.

Untuk lebih jelasnya silakan Klik Link Video tersebut:


Bagaimana cara melaksanakan INOVASI TETAHIRAIN? Berikut ini adalah Petunjuk Teknis cara melaksanakan Inovasi Tetahirain.

CARA MELAKSANAKAN INOVASI TETAHIRAIN

Pertama ,siapkan peralatan yang dibutuhkan


Kemudian, pilih palem untuk ditengkar

Langkah berikutnya, gali palem sampai ke akarnya

Kemudian belah palem menjadi 2 atau 4 bagian hingga sampai akar



Selanjutnya, buat lubang di taman depan ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang TU

Masukkan setiap belahan palem ke dalam lubang lubang tadi

Masukkan tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang di kanan kiri tanaman hingga lubang tadi terpenuhi.

Langkah terakhir, siram tanaman dengan air bersih.

        Demikian buku petunjuk teknis yang sangat sederhana ini bisa digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Inovasi Tetahirain.

        Sekolah sebagai tempat pembelajaran seharusnya dibuat hijau bersih indah rapi dan nyaman untuk pembelajaran. Dengan lingkungan yang hijau, bersih, indah rapi dan nyaman maka para warga sekolah, para siswa, para guru dan karyawan akan betah dan nyaman untuk tinggal di sekolah.Para siswa dan guru serta karyawan akan rindu kembali ke sekolah.

        Tak ada gading yang tak retak. Tiada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Demikian pula dalam penulisan buku ini tentu ada kekurangan. Saran da kritik senantiasa penulis harapkan. Demikian, semoga beranfaat.


Bila para pembaca menginginkan Buku Petunjuk TeknisTetahirain, silakan klik tautan berikut.

Buku Petunjuk Teknis Inovasi Tetahirain

Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran Siswa Baru SMPN 2 Dukuhseti Tahun 2024

Admin Blog SMP Negeri 2 Dukuhseti